Structured Query Language (SQL)

. Selasa, 05 Agustus 2008
  • Agregar a Technorati
  • Agregar a Del.icio.us
  • Agregar a DiggIt!
  • Agregar a Yahoo!
  • Agregar a Google
  • Agregar a Meneame
  • Agregar a Furl
  • Agregar a Reddit
  • Agregar a Magnolia
  • Agregar a Blinklist
  • Agregar a Blogmarks

Structured Query Language (SQL) ialah bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan database. Database ialah kumpulan data yang disimpan dengan berbagai cara pengorganisasian. Cara termudah untuk memahaminya ialah dengan membayangkan database sebagai sebuah filling cabinet/lemari. Lemari ialah bentuk lokasi fisik yang sederhana untuk penyimpanan data, tanpa memperhatikan apa jenis datanya dan bagaimana data itu diatur.

SQL khusus diciptakan untuk berkomunikasi dengan database. Dirancang dengan sedikit kata agar efisien dalam membaca dan menulis data kedalam sebuah database. Hampir semua database besar mendukung SQL sehingga, dengan mempelajari SQL kita dapat berinteraksi dengan hampir semua software database yang beredar.

Structured Query Language (SQL) dengan MySQL

MySQL adalah Software Relational Database Management Sistem (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis di bawah lisensi GPL (General Public License). Di mana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial.

Keunggulan MySQL

1. Portability
MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi di antaranya adalah seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac OS X Server, Solaris, Amiga, HP-UX dan masih banyak lagi

2. Open Source
MySQL didistribusikan secara open source (gratis), di bawah lisensi GPL
sehingga kita dapat menggunakannya secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya seperser pun.
3. Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik. Hal ini memungkinkan sebuah database server MySQL dapat diakses client secara bersamaan.
4. Performance Tuning
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5. Column Types
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed/unsigned integer, float, double, char, varchar, text, blob, date, time, datetime, timestamp, year, set serta enum.
6. Command dan Function
MySQL memiliki operator sebagai fungsi secara penuh yang mendukung perintah SELECT dan WHERE dalam query.
7. Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password yang terenkripsi.
8. Scalability dan Limits
MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 miliar baris. Selain itu,
batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9. Connectivity
MySQL dapat melakukan koneksi dengan client menggunakan protolol TCP/IP, Unix soket (Unix), atau Named Pipes (NT) .
10. Localization
MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface) .
11. Clients and Tools
MySQL dilengkapi dengan berbagai tools yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap tool yang ada disertakan petunjuk online.

0 komentar: